Kenapa nama Yunani, Mesir, Belanda, dan Inggris penyebutannya berbeda?

1. Egypt menjadi Mesir
Mengapa negara indonesia menyebut negara mesir dengan sebutan mesir bukannya egypt, sedangkan di negara negara lain menyebutnya dengan sebutan egypt?
Masyarakat Indonesia sendiri menyebut negara tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan karena nama asli dari negara terebut adalah ﺟﻤﻬﻮﺭﻳّﺔ ﻣﺼﺮ ﺍﻟﻌﺮﺑﻴّﺔ (Jumhūriyyat Miṣr al-’Arabiyya). Selain itu nama Mesir juga terdapat pada Al-Qur'an sebanyak 53 kali dengan tulisan.
Sebagaimana telah kita ketahui bahwa sebagian besar orang Indonesia memiliki agama Islam.
Selain itu juga hubungan antara masyarakat indonesia(melayu) dan mesir sudah terjadi sejak zaman Firaun, hal ini dapat kita ketahui dari proses pembalseman mumi firaun yang menggunakan bahan-bahan seperti kapur, cendana, dan gaharu yang didapat dari Indonesia. Lantas dari mana nama Egypt. Kata Egypt yang dipakai oleh orang Barat berasal dari bahasa Latin Aegyptus , ini berasal dari bahasa Yunani kuno, yang terdapat dalam catatan-catatan yunani kuno.
2.England menjadi inggris
Indonesia dahulu pernah dijajah oleh jepang, hal ini mempengaruhi bahasa indonesia. Salah satunya dari penyebutan english(bahasa dari negara england), seperti kita ketahui orang jepang tidak bisa mengucap huruf "l", dan ketika menyebut huruf "l" maka akan berubah menjadi huruf "r". Jadi ketika bangsa jepang menyebut english, maka akan berubah menjadi engrish. Hal ini didengar oleh masyarakat indonesia dan disesuaikan dengan lidah orang indonesia, maka kata-kata ini menjadi inggris.
3.Netherland menjadi belanda
Nama belanda sendiri diyakini berasal dari kata blonde yang berarti pirang, karena pada masa penjajahan dulu, orang-orang belanda yang menjajah indonesia sebagian besar berambut pirang. Seperti kita ketahui masyarakat indonesia khususnya jawa, mempunyai kebiasaan menyesuaikan bahasa asing dengan lidah masyarakat indonesia, oleh karena itu kata blonde berubah menjadi londo atau belanda.
4.Orang orang asli yunani menyebut negara mereka dengan sebutan Ellada, sedangkan nama resmi dari negara ini adalah Republik Hellenik. Lantas kenapa negara ini disebut Greece atau Yunani? Ternyata Nama Greece adalah nama daerah pesisir di Italia Selatan di teluk Taranto yang pernah ditinggali oleh orang-orang Yunani. Sedangkan nama Yunani sendiri diambil dari daerah kuno di pesisir tengah Anatolia di Turki yang disebut dengan Iona, daerah ini dulunya dihuni oleh bangsa Yunani kuno, pada masa itu bangsa turki menyebut penghuni dari daerah tersebut dengan sebutan yunan. Hal ini kemudian diikuti oleh bangsa Indonesia dan menyebutnya dengan sebutan yunani.