Wisata Ramadhan di pulau Lombok

Please Wait
<!—Kode iklan adsense pasang disini -->
Sumber: Brilio.net

Pulau Lombok, siapa sih yang tidak tahu pulau ini, pulau yang termasuk dalam Provinsi Nusa Tengara Barat (NTB) dan terletak tidak jauh dari Bali. Pulau ini terbagi menjadi 4 kabupaten, yaitu Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara. Lombok terkenal dengan banyak tempat wisata dan bangunan khas. Banyak turis yang datang ke Pulau lombok untuk menikmati pantainya yang indah.
“Lombok, Pulau seribu Masjid”, anda mungkin pernah mendengar istilah tersebut. Ya, Lombok memang terkenal dengan banyaknya masjid, karena mayoritas warga pulau ini memeluk agama Islam. Di pulau ini berdiri kokoh banyak masjid yang megah dan mewah di hampir setiap desa di pulau Lombok, dari masjid yang bersejarah sampai masjid Modern. Jumlah Masjid di Lombok sendiri sekitar lebih dari 4000 masjid dan masjid terindah di pulau Lombok adalah Masjid Islamic Center.
Sejak tahun 2014 pemerintah provinsi NTB giat mempromosikan wisata religi di dengan mempromsikan destinasi wisata masjid-masjid kuno dan bersejarah serta tempat tempat perkembangan dan pendidikan Islam. Pemerintah daerah setempat juga mempromosikan destinasi wisata dengan merangkum semua informasi ke dalam satu buku. Seluruh aktivitas tersebut dipusatkan di Islamic Center Mataram yang telah menjadi bangunan khas di pulau lombok.
Di bulan Ramadhan kali ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat akan mengelar menggelar acara festival Pesona Khazanah Ramadhan yang akan berlangsung selama satu bulan penuh, mulai dari tanggal 25 Mei hingga 25 Juni yang dilaksanakan di komplek Islamic Center, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menurut kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lombok, acara ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas wisata keagamaan selama bulan Puasa, karena menurut beliau biasanya aktivitas wisata di Pulau Lombok selama bulan puasa menurun.
Acara Festival Pesona Khazanah Ramadhan dibuka oleh Gubernur NTB, yaitu bapak Muhammad Zainul Majni pada tanggal 25 mei. Acara pembukaan ini sangat meriah, ratusan warga menghadiri acara tersebut. Acara pembukaan tersebut menampilkan Grup musik Debu, serta Tausiyah dari Ustad Yusuf Mansur.
Sumber :Republika.co.id

Selama satu bulan penuh beragam aktivitas budaya dan religi akan digelar di lokasi tersebut, mulai dari pameran dan bedah buku islami, pameran foto religi, pameran seni budaya, dan pertunjukan musik religi, serta reuni qari dan qariah terbaik musabaqah tilawatil Qur’an 2016 dan juga bakti sosial pengobatan oleh kelompok relawan Mercy. Puncaknya akan dimeriahkan dengan pemasangan 1000 lampu lampion, jumlah tersebut diambil karena jumlah 1000 identik dengan julukan Lombok, yakni “Pulau Seribu Masjid”. Dalam sisi Religi, Masjid Hubbul Wathan akan menghadirkan 4 imam besar dari berbagai negara timur tengah, yakni Syeikh Ahmad Jalal Abdullah Yahya dari Yordania, Syeikh Ezzat El-Sayyed dari Mesir, Syeikh Khalid Barakat dari Lebanon, dan Syeikh Mouad Douaok dari Maroko. Imam-imam besar tersebut akan menjadi imam saat Shalat Terawih di masjid Hubbul Wathan tersebut.
Pelaku usaha perhotelan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, menawarkan potongan harga 10 persen sampai 25 persen bagi para tamu selama bulan Ramadhan. Potongan harga itu berlangsung minggu pertama bulan puasa hingga lima hari menjelang Lebaran.
Jadi untuk kalian yang ingin berwisata keagamaan selama bulan puasa dapat berkunjung ke Pulau Lombok ini, di pulau ini banyak tempat wisata, mulai dari pantai sampai tempat-tempat wisata religi. Serta banyak diskon-diskon untuk hotel-hotel di Pulau lombok ini.